Tempat Ngobrol, Diskusi, dan berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Tuesday, October 10, 2017

Kinematika Gerak


Kinematika merupakan kajian fisika yang membahas tentang gerak tanpa memperhatikan penyebabnya. Kinematika merupakan salah satu bagian dari ilmu fisika yang sudah cukup tua. Kinematika gerak dikaji sejak jaman para filsuf, sampai Newton yang dikenal dengan istilah mekanika klasik. Mekanika dipelajari ditingkat pendidikan menengah SMA/MA dan SMK pada kelas X (sepuluh) semester pertama. 
Gerak merupakan perubahan relatif suatu benda terhadap suatu titik acuan dalam selang waktu tertentu. 
Benda dikatakan bergerak apabila terjadi perubahan posisi terhadap suatu titik acuan atau terhadap pengamat. Kajian tentang gerak memerlukan pemahaman yang komprehensif, mengenai titik acuan, pengamat, dan waktu. Boleh jadi suatu benda dikatakan bergerak terhadap suatu titik acuan tertentu, dan boleh jadi pula benda tersebut dikatakan tidak bergerak terhadap suatu titik acuan lain dalam selang waktu yang sama.
Sebagai contoh, apabila budi bergerak menjauhi temannya nana yang sedang diam, maka nana dapat mengatakan bahwa budi bergerak (nana sebagai titik acuannya), tetapi budi juga dapat dikatakan tidak bergerak apabila titik acuannya adalah bumi. Di luar itu, dalam materi gerak, ada beberapa hal yang harus dipahami. Hal tersebut adalah tentang pengertian jarak, perpindahan, kelajuan, kecepatan, percepatan/perlambatan.
  • Jarak diartikan sebagai panjang lintasan yang ditempuh benda. Tak peduli benda bergerak kemana, jarak dihitung secara skalar atau tidak memperhatikan arah. 
  • Perpindahan diartikan sebagai perubahan posisi akhir benda terhadap posisi awal benda. perpindahan suatu benda dapat berharga nol dalam selang waktu tertentu. Perpindahan merupakan besaran vektor yang mana arah sangat penting untuk diperhatikan.
  • Kelajuan diartikan sebagai hasil bagi jarak dengan waktu. Kelajauan merupakan besaran skalar. Alat yang digunakan untuk mengukur kelajuan adalah Speedometer, alat ini dapat dijumpai pada motor, dan mobil.
  • Kecepatan diartikan sebagai hasil bagi perpindahan dengan waktu. Kecepatan merupakan besaran vektor. Kelajuan suatu benda dapat diartikan sebagai kecepatan suatu benda, apabila arah yang ditempuh oleh benda adalah satu arah dan lurus. Alat ukur kecepatan namanya velocimeter
  • Percepatan/perlambatan merupakan perubahan kecepatan suatu benda dalam selang waktu tertentu. Perbedaan percepatan dan perlambatan terletak pada benda dipercepat atau kecepatannya bertambah, maka kita menyebutnya percepatan, dan benda diperlambat atau kecepatannya berkurang, maka kita menyebutnya perlambatan.
Kinematika gerak pada materi SMA/MA membahas mengenai gerak lurus. Gerak lurus merupakan gerak yang lintasannya berbentuk lurus. Dalam gerak lurus, gerak benda dibedakan menjadi dua, yaitu Gerak Lurus Beraturan (GLB), dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). GLB merupakan gerak dimana kecepatan suatu benda adalah konstan, atau dengan kata lain percepatan benda adalah nol. Sebaliknya GLBB merupakan gerak dimana benda bergerak dengan percepatan konstan, atau percepatan tidak sama dengan nol.

No comments:

Post a Comment