Tempat Ngobrol, Diskusi, dan berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Friday, September 29, 2017

Ilmu dan Pengetahuan (Science and Knowledge)

What's Science?, What is Knowledge? (apa itu ilmu? apa itu pengetahuan?)
Kita sering mendengar kedua istilah itu dalam kehidupan kita. tetapi, apakah artinya sama?ataukah berbeda? apakah fisika merupakan ilmu, atau pengetahuan?ataukah keduanya?. Inilah yang akan menjadi bahan tulisan ini.
  • Apa itu ilmu/Science?
  • Apa itu pengetahuan/Knowledge?
  • Apa perbedaan antara ilmu dan pengetahuan/Science and Knowledge)?
  • Fisika sebagai ilmu atau pengetahuan?
  1. Apa itu ilmu/Science?
Science atau ilmu, menurut informasi dari wikipedia dapat diartikan sebagai pengetahuan yang tersusun secara sitematis.
"Science (from Latin scientia, meaning "knowledge")is a systematic enterprise that builds and organizes knowledge in the form of testable explanations and predictions about the universe."
Dengan kata lain, ilmu merupakan kumpulan atau gabungan dari pengetahuan-pengetahuan yang sudah tersusun secara sistematis, diakui oleh banyak orang, dan bersifat umum (dapat dipejalari oleh semua orang), dapat dijuji kebenarannya melalui percobaan-percobaan dan pendekatan.
Berdasarkan pengertian di atas, maka Fisika juga dapat dipandang sebagai Ilmu. contoh lainnya adalah Biologi, pertanian, peternakan, kimia, matematika, dan lain sebagainya.
    
       2. Apa itu pengetahuan/Knowledge?
"Knowledge is the fact or condition of knowing something with familiarity gained through experience or association."
Knowledge atau pengetahuan adalah pemahaman seseorang mengenai sesuatu, (teori dan praktis) yang didapatkan melalui pengalaman dan pembelajaran (belajar), belum dapat di uji secara ilmiah, bersifat subjektif.
Meskipun demikian, ada perbedaan mendasar antara ilmu dan pengetahuan. Terlepas mana yang lebih dulu ada. berikut akan dipaparkan perbedaan ilmu dan pengetahuan. sebagai contoh, cara mendidik anak, merupakan jenis dari pengetahuan, sebab tiap orang tentu berbeda dalam cara mendidiknya, hal ini dikarenakan banyak hal, salah satunya keturuan, lingkungan, dan sifat yang berbeda-beda. selain itu cara mengajar fisika juga dapat golongkan dalam kategori pengetahuan, karena tentunya setiap pengajar fisika pasti emiliki cara dan pendekatan yang berbeda. demikian juga pemahaman masing-masing pengajar fisika dalam sub ilmu/ pengetahuan misalnya pengetahuan tentang mekanika, radiasi benda hitam, dan sebagainya akan sangat berbeda tergantung kualitas pengajarnya.
"Science is systematic study of natural and physical world using experiments and observations.Knowledge is what you know about science"
     3. Apa perbedaan antara ilmu dan pengetahuan?
Berdasarkan apa yang telah disebutkan di atas, adapun perbedaan antara ilmu dan pengetahuan adalah sebagai berikut:
  • Ilmu/Science merupakan kumpulan dari pengetahuan-pengetahuan yang sudah disusun secara sistematis, mengikuti kaidah ilmiah, dapat diuji/dibuktikan secara ilmia, percobaan/experiment, berlaku secara umum, dapat diterima secara umum, dan dapat dipelajari secara umum.
  • Pengetahuan/Knowledge merupakan (minimal) satu jenis pengetahuan, yang belum berlaku secara umum, belum dapat dibuktikan dan atau diterima secara umum, besifat subjektif dan pengalaman pribadi, belum tentu memenuhi metode ilmiah, tetapi mungkin untuk menjadi suatu bidang keilmuan.
"Physics is Beauty"
  4. Apakah Fisika sebagai ilmu atau pengetahuan?
Berdasarkan penjelasan di atas, maka kita dapat menentukan bahwa fisika merupakan ilmu, artinya dapat dipelajari secara umum, dapat diterima secara umum, dapat di uji, tersusun atas pengetahuan-pengetahuan yang sudah tersusun rapih dan sistematis. Meskipun demikian, pemahaman dalam bagian-bagian ilmu fisika (misalnya BAB "Relativitas") merupakan suatu pengetahuan, karena setiap murid dan atau pengajar sekalipun akan sangat berbeda dalam pemahamannya.


KESIMPULAN:
  1. Ilmu merupakan kumpulan pengetahuan-pengetahuan yang sudah tersusun secara sitematis, memenuhi kaidah ilmiah, dapat diuji, dicoba/experiment, berlaku secara umum, dan dapat diterima secara umum. contohnya adalah Ilmu fisika, Ilmu biologi.
  2. Pengetahuan adalah pemahaman seseorang/golongan mengenai suatu hal (teori atau praktis) yang didapatkan dari berpikir, pengalaman, tetapi belum dapat diterima secara umum, tidak dapat diajarkan secara umum, bersifat subjektif, belum dapat dijuji, dan belum tersusun secara  sistematis, serta belum tentu memenuhi kaidah ilmiah, tetapi dapat menjadi suatu ilmu suatu saat nanti.
  3. Perbedaan antara ilmu dan pengetahuan terletak pada dua hal secara umum. yang pertama sistematika,: ilmu sudah tersusun secara sistematika yang baik, sedangkan pengetahuan belum. Kedua Audience: ilmu dapat diterima secara umum, memenuhi kaidah ilmiah, setiap orang dapat membuktikannya, dan menerimanya, sedangkan pengetahuan bersifat personal (subjektif) dan atau golongan, tidak semua orang dapat membuktikannya/mengujinya, belum tersusun secara sitematis, dan belum tentu dapat memenuhi kaidah ilmiah.
  4. Fisika merupakan cabang ilmu, sedangkan pemahaman  (INSIGHT) mengenainya dan mengenai tiap bahasan (BAB) merupakan pengetahuan.
REFERENSI:
1
2
3
4
5
Ditulis oleh:


Deni R. Yuniar

No comments:

Post a Comment